Seberapa Efektif Setelan Hazmat Untuk Memproteksi Radiasi?

Seberapa Efektif Setelan Hazmat Untuk Memproteksi Radiasi

Radiasi adalah “energi yang dipancarkan atau ditransmisikan dalam bentuk sinar, gelombang, atau partikel”. Perlindungan terhadap radiasi adalah tugas yang rumit. Ilmuwan membedakan bahaya radiasi pengion dari bahaya radioaktif, partikel terkontaminasi, atau cairan. Liput dari sumber┬áradiasi partikel terdiri dari berkas elektron, proton, dan neutron yang dihasilkan dengan memisahkan atom tidak stabil dari plutonium dan uranium, seperti pada reaktor nuklir atau bom nuklir. Pakaian khusus dirancang untuk melindungi Anda dari bahaya radioaktif yang terkontaminasi. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak ada setelan yang akan melindungi Anda dari bahaya radiasi pengion (sinar gamma, sinar-X, partikel radioaktif: alfa atau beta). Misalnya, jika Anda berdiri di samping reaktor uranium, pakaian pengaman tidak akan melindungi Anda dari radiasi pengion, tetapi dapat menghentikan sedikit debu radioaktif mengenai kulit Anda. Pakaian pengaman dirancang untuk meminimalkan penetrasi partikel radioaktif di udara dan mencegah kontaknya dengan kulit Anda. Pakaian pelindung menjaga isotop radioaktif keluar dari tubuh Anda, tetapi tidak dapat melindungi Anda dari radiasi pengion.

Apa yang akan melindungi Anda dari radiasi pengion?

Protokol standar menunjukkan bahwa pelindung yang terbuat dari beton 6,6 kaki, atau timah 1,3 kaki, dapat memblokir radiasi pengion.

Apa yang harus Anda lakukan ketika keadaan darurat radioaktif diumumkan?

Segera tinggalkan area tersebut, atau jika tidak memungkinkan, tetap di dalam, tutup semua pintu dan jendela, dan mandi untuk membersihkan partikel radioaktif. Selain itu, kenakan hazmat suit dan jenis APD lainnya, seperti respirator, goggle, sarung tangan, dan alas kaki.

Apa yang bisa dilakukan pakaian hazmat untuk Anda?

Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat mendefinisikan setelan HazMat sebagai “pakaian keseluruhan yang dikenakan untuk melindungi orang dari bahan atau zat berbahaya, termasuk bahan kimia, agen biologis, atau bahan radioaktif”.

Meskipun setelan HazMat biasanya digunakan oleh petugas pemadam kebakaran, paramedis, dan personel lain yang membersihkan area yang terkontaminasi, beberapa pelanggan kami yang tidak bekerja di lingkungan beracun bersedia memiliki setelan ini di rumah untuk melindungi diri mereka sendiri jika terjadi keadaan darurat yang melibatkan Bahan Berbahaya dan Bahan Kimia. , Zat Biologis, Radiologis, Nuklir, dan Bahan Peledak (CBRNE).

Apa yang dapat kami sarankan untuk warga sipil yang khawatir tentang keselamatan mereka? Berikut adalah daftar rekomendasi kami. Setelan keselamatan andal yang kami bawa termasuk setelan TY122SVP HazMat Coverall, setelan TY127SVP Tyvek, dan setelan DuPont Tychem 9000. Kain Tychem BR memberikan perlindungan setidaknya 30 menit terhadap 280 bahan kimia, termasuk bahan kimia perang (CWA) seperti Sarin, Soman, atau VX.

Kami ingin mempermudah dan mempercepat Anda menemukan perlengkapan keselamatan terbaik untuk aplikasi Anda, jadi kami telah mengumpulkan Kit yang dapat Anda gunakan untuk perlindungan seluruh tubuh dalam keadaan darurat, untuk pembersihan, atau untuk proyek DIY Anda. , seperti remediasi jamur dan penghapusan asbes.

setelan coverall Tyvek TY122S HazMat

Kit Meliputi: setelan coverall Tyvek TY122S HazMat sekali pakai, kombo respirator wajah penuh Moldex 9000, kartrid pintar uap multi-gas, disk filter dengan rating HEPA Moldex 7940 P100, adaptor piggyback Moldex 7920, sarung tangan MCR Safety Flex Tuff II, dan Ansell Sarung tangan tahan bahan kimia Sol-Vex Unlined Nitrile yang melindungi dari bahan kimia tugas berat, lemak, dan lemak.

Ingatlah bahwa setelan HazMat bisa menjadi panas saat digunakan dalam waktu lama. Oleh karena itu, penggunaannya biasanya terbatas pada durasi yang singkat. Waktu ini seharusnya cukup untuk keluar dari area yang terkontaminasi dengan aman.

Dalam beberapa kasus, respirator seluruh wajah harus dipakai dengan SCBA. Uap dari beberapa bahan kimia tidak dapat disaring oleh respirator jenis tabung, jadi diperlukan SCBA (Self Contained Breathing Apparatus). SCBA juga digunakan di daerah dengan tingkat oksigen di bawah 19,5%.

Anda juga dapat memilih Personal Radiation Detector dari RAE Systems yang mendeteksi radiasi X dan Gamma dan memperingatkan Anda saat levelnya meningkat.